SILABUS
Nama Sekolah :
MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas :
X
Semester : 2
Standar Kompetensi :
Membaca
7. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi
dan cerpen
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
7.1
Membacakan puisi dengan lafal, nada, tekanan, dan intonasi
yang tepat
|
Puisi
·
lafal
·
tekanan
·
intonasi
·
jeda
·
pemenggalan kata, frasa
|
· Membacakan puisi dengan memperhatikan lafal, tekanan,
dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi
· Membahas pembacaan puisi berdasarkan
lafal, tekanan, dan intonasi
· Memberi saran perbaikan pembacaan puisi
yang kurang tepat
|
· Membaca
puisi dengan memperhatikan lafal, tekanan, dan intonasi yang sesuai
dengan isi puisi
· Membahas pembacaan puisi berdasarkan
lafal, tekanan, dan intonasi
· Memberi saran perbaikan pembacaan puisi
yang kurang tepat
|
Jenis Tagihan:
·
praktik
·
tugas individu
·
tugas kelompok
Bentuk Instrumen:
·
unjuk kerja
·
format
pengamatan
|
4
|
buku kumpulan puisi/ internet/
media massa
|
7.2
Menganalisis keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari
|
Naskah cerpen :
unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat)
|
·
Membaca cerpen
·
Mengidentifikasi
unsur-unsur (tema, penokohan, dan amanat)
cerita pendek yang telah dibaca
·
Mengaitkan
unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat) dengan kehidupan sehari-hari
|
· Mengidentifikasi unsur-unsur (tema,
penokohan, dan amanat) cerita pendek
yang telah dibaca
· Mengaitkan unsur intrinsik (tema,
penokohan, dan amanat) dengan kehidupan sehari-hari
|
Jenis Tagihan:
·
tugas Individu
·
tugas kelompok
·
ulangan
Bentuk Instrumen:
·
uraian bebas
·
pilihan ganda
·
jawaban singkat
|
4
|
buku kumpulan cerpen/
media massa/ internet
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA Negeri … Kendari
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : X
Semester : 2
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A.
STANDAR KOMPETENSI :
Membaca :
11. Memahami wacana sastra melalui
kegiatan membaca puisi dan cerpen
B.
KOMPETENSI DASAR :
11.1 Membacakan puisi dangan lafal, nada, tekanan,
dan intonasi yang tepat
C. INDIKATOR
:
1. Kognitif
a.
Produk
· Menjelaskan cara pelafalan, nada, tekanan
dan intonasi pembacaan puisi
b.
Proses
· Mengemukakan cara pelafalan, nada, tekanan dan intonasi
pembacaan puisi
2.
Psikomotor
·
Memberikan
tanggapan dengan alasan yang logis pembacaan puisi yang didengar/disaksikan
·
Membacakan
puisi dengan pelafalan, nada,
tekanan dan intonasi yang
tepat.
3.
Afektif
a. Karakter
·
kerja
sama
·
akomodatif
·
tanggung
jawab
·
apresiatif
b. Keterampilan sosial
·
Bertanya
dan memberi tanggapan dengan bahasa yang baik dan benar
·
Menyumbang
ide
·
Menjadi
pembaca dan pendengar yang apresiatif
·
Membantu
teman yang mengalami kesulitan
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
Kognitif
a.
Produk
1) Secara mandiri siswa dapat menjelaskan
cara pelafalan, nada, tekanan dan intonasi pembacaan puisi, dengan mengerjakan
LKS 1 : produk
2. Secara mandiri siswa dapat memberikan
tanggapan dengan alasan yang logis pembacaan puisi yang didengar/disaksikan.
LKS 1 : produk
b.
Proses
Siswa diberikan lembar kerja yang
berisi contoh teks puisi yang terdapat dalam LKS 2: proses. Selanjutnya, siswa
diharapkan dapat.
1)
Menentukan
cara pelafalan, nada, tekanan
dan intonasi pembacaan puisi berdasarkan teks puisi
2)
Melakukan
pembahasan mengenai isi puisi yang telah didengar/disajikan.
Psikomotor
·
Memberi
tanggapan dengan alasan yang logis pembacaan puisi yang didengar/disaksikan,
·
Membacakan
puisi dengan pelafalan, nada,
tekanan dan intonasi pembacaan puisi yang tepat yang disediakan dalam LKS 2: psikomotor.
Afektif
a.
Karakter
Siswa terlibat aktif dalam
pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam berperilaku seperti kerja sama, akomodatif, bertanggung jawab,
dan apresiatif.
b.
Keterampilan sosial
Siswa terlibat aktif dalam
pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam keterampilan membacakan
puisi, bertanya dengan bahasa yang baik
dan benar, menyumbang ide, menjadi pembaca dan pendengar yang apresiatif, dan
membantu teman yang mengalami kesulitan
E.
MATERI PEMBELAJARAN :
·
Contoh teks puisi
·
Cara pembacaan puisi
·
Menanggapi pembacaan puisi
F.
MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model pembelajaran : Demonstrasi
Metode pembelajaran : penugasan, diskusi, unjuk kerja
G.
Media/ Alat/ Bahan
Lembar Kerja
Siswa, kertas HVS/buffalo, spidol
Komputer dan LCD
H.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
|
A.
|
Kegiatan Awal (+15 menit)
1. Memotivasi
siswa
2. Apersepsi
dengan menggali pengalaman siswa tentang puisi dan pembacaan puisi yang
pernah dibaca
3. Menjelaskan
kompetensi dan indikator yang akan dicapai
4. Mengemukakan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
|
|
B.
|
Kegiatan
Inti ( + 55 menit)
Tahap
1
5.
Siswa
duduk dalam kelompok-kelompok kecil/ mandiri yang terdiri atas per
orang/beberapa orang anggota.
6.
Siswa
membaca teks puisi yang disiapkan guru dalam LKS.
7.
Siswa
menganalisi/berdiskusi dalam kelompok untuk membahas mengenai pelafalan,
nada, tekanan dan intonasi pembacaan puisi.
8.
Siswa
secara mandiri/berdiskusi dalam kelompok untuk menjelaskan amanat yang
terdapat dalam puisi.
9.
Secara
bergiliran siswa mempresentasikan hasil kerja mandiri/kelompok di depan
kelompok lain untuk ditanggapi dan didiskusikan.
Tahap 2
10.
Siswa
berdiskusi untuk menyimpulkan cara pembacaan puisi dengan menerapkan prinsip
saling menyumbang ide. Siswa juga menunjukkan sikap sebagai pendengar yang
apresiatif ketika temannya menyumbangkan ide.
11.
Siswa menyimpulkan cara memahami isi puisi berdasarkan pembacaan puisi
yang didengar. seraya membantu teman sejawat yang
mengalami kesulitan
12.
Siswa menunjukkan apresiasi terhadap hasil unjuk kerja teman kelompok
lain.
|
|
C.
|
Kegiatan Akhir ( + 10 menit)
13.
Siswa membuat rumusan simpulan terhadap
butir-butir pembelajaran yang sudah mereka ikuti.
14. Siswa
menyampaikan kesan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar terhadap
pembelajaran yang baru berlangsung sebagai kegiatan refleksi.
15. Guru
memberi penguatan terhadap simpulan yang diberikan oleh para siswa.
16. Guru
memberikan penghargaan terhadap hasil belajar siswa
17.
Guru memberikan tindak lanjut berupa tugas
yaitu menganalisi isi puisi.
|
I.
SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Buku
Teks
2.
Model
pembacaan puisi
3.
Buku
referensi
J.
PENILAIAN
Indikator
|
Indikator Soal
|
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
|
1. Mampu
membaca puisi dengan memperhatikan cara pelafalan, nada, tekanan dan intonasi pembacaan isi puisi
|
Disajikan teks puisi, siswa membaca puisi dengan memperhatikan cara pelafalan, nada, tekanan dan intonasi
pembacaan isi puisi
|
Tes penugasan
|
Tes Tulis
Lembar
opservasi
Unjuk kerja
|
Unjuk kerja dan format pengamatan
|
2. Membahasa pembacaan puisi berdasarkan pelafalan, nada, tekanan dan intonasi
|
Disajikan pembacaan puisi, siswa membahasa pembacaan puisi berdasarkan pelafalan, nada, tekanan dan intonasi
|
Unjuk kerja dan format pengamatan
|
||
3. Member
saran perbaikan pembacaan puisi yang kurang tepat
|
Disajikan teks puisi, siswa Member saran perbaikan pembacaan puisi yang
kurang tepat
|
Unjuk kerja dan format pengamatan
|
BAHAN AJAR
Membaca Indah Puisi
Setelah mengikuti
pembelajaran berikut ini, diharapkan siswa dapat membaca puisi dengan
menggunakan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang sesuai dengan isi puisi.
1. Penampilan Baca Puisi
Penampilan baca puisi
harus memperhatikan tiga hal, yaitu masalah kejiwaan , masalah verbal, dan
masalah nonverbal. Ketiga hal tersebut hadir bersama-sama ketika pembacaan
puisi berlangsung.
Masalah kejiwaan terlihat
pada saat kesan pertama seorang pembaca puisi naik ke panggung atau menuju
depan kelas. Apakah ia kelihatan tenang, meyakinkan, gugup, takut-takut, atau
malu-malu? Seorang pembaca puisi harus siap mental. Agar siap mental, sebelum
menuju depan kelas dia harus berkonsentrasi terlebih dahulu.
Masalah verbal
meliputi irama, volume suara, dan artikulasi. Irama atau intonasi menyangkut
persoalan tekanan dinamik (keras lembutnya suara), tekanan tempo (cepat
lambatnya ucapan), tekanan nada (menyangkut tinggi rendahnya suara), serta
modulasi yang meliputi perubahan bunyi suara (nada marah, kesakitan, kesedihan,
dan lain-lain).
Ketepatan irama
sangat bergantung pada ketepatan penafsiran atas puisi yang akan dibaca.
Masalah volume suara juga sangat penting diperhatikan dalam baca puisi. Dalam
baca puisi harus diperhatikan agar suara yang dihasilkan mampu mengatasi suara
penonton dan disesuaikan dengan situasi ruangan.
Masalah nonverbal
meliputi mimik dan pantomimik (kinesika). Mimik merupakan gerak wajah. Gerak wajah
tentu harus sesuai dengan isi puisi, misalnya gerakan mata atau gerakan bibir.
Pantomimik (kinesika) merupakan gerak anggota tubuh yang lain, misalnya gerakan
tangan, anggukan kepala, dan lain-lain. Gerakan mimik dan pantomimik harus
proporsional dan wajar.
2. Memahami Isi Puisi
Sebelum melakukan
kegiatan baca puisi di depan kelas, puisi yang akan ditampilkan harus dipahami
dan dijiwai isinya. Dengan penafsiran isi puisi Lingkungan yang baik dan benar,
kamu akan mampu membawakan puisi tersebut dengan baik di depan kelas. Pemahaman
isi puisi dapat dilakukan dengan memahami judul, memahami kata demi kata, baris
demi baris, bait demi bait, dan pada akhirnya memahami secara keseluruhan isi
puisi tersebut.
Pahamilah isi puisi berikut ini!
Pidato Seorang Demonstran
Mereka telah tembak
teman kita
Ketika mendobrak
sekretariat negara
Sekarang jelas bagi
saudara
Bagaimana kebenaran
hukum Indonesia
Ketika kesukaran
tambah menjadi
Para menteri sibuk ke
luar negeri
Tapi korupsi makin
merajalela
Sebab percaya keadaan
berubah
Rakyat diam saja.
Ketika produksi
negara kosong
Para pemimpin asyik
ngomong
Tapi harga-harga
terus menanjak
Sebab percaya diatasi
dengan mufakat
Rakyat masih diam
saja
Di masa gestok rakyat
dibunuh
Para menteri saling
menuduh
Kaum penjilat mulai
beraksi
Maka fitnah makin
berjangkit
Toh rakyat masih
terus diam saja.
Mereka diupah oleh
orang tua kita
Tapi tak tahu cara
terima kasih, bahkan memfitnah:
Kita dituduh
mendongkel wibawa kepala negara
Apakah kita terus
diam saja?
(Mansur Samin)
3. Baca Puisi di Depan Kelas
Setelah kalian pahami
isinya, bacalah puisi "Pidato Seorang Demonstran" dengan menggunakan
irama, volume suara, mimik, dan kinesika yang sesuai dengan isi puisi tersebut.
Nama: NIM: Tanggal:
LKS 1 = Kognitif: Produk
1. Jelaskan pengertian lafal, tekanan, intonasi, dan jeda dalam
pembacaan puisi!
Catatan: skor penilaian hasil kerja siswa menggunakan
rentang skor sesuai dengan bobot soal.
Nama:
NIM:
Tanggal:
LKS 2 = Kognitif: Proses
2.
Setelah membaca puisi , Berikan penilaian
terhadap penampilan temanmu dengan menggunakan format penilaian berikut ini.
Skor: …….
Format Penilaian Baca
Puisi
Nama : ……………………………….
Nomor : ……………………………….
No. Aspek/Indikator Bobot Jumlah
1 Irama/intonasi
a. Irama/intonasi
sangat tepat dan sesuai 3 …..
dengan
isi puisi skor 3.
b. Irama/intonasi
cukup sesuai dengan
isi
puisi skor 2.
c. Irama/ intonasi
tidak sesuai dengan isi
puisi
skor 1.
2 Volume
suara 3 …
a. Volume suara
sangat baik, sesuai
ruangan
dan penonton skor 3.
b. Volume suara cukup
baik dan cukup,
sesuai
ruangan dan penonton skor 2.
c. Volume suara
kurang baik, tidak
sesuai
ruangan dan penonton skor 1.
3. Mimik 3 …
a. Mimik sangat
sesuai dengan isi puisi
skor
3.
b. Mimik cukup sesuai
dengan isi puisi
skor
2.
c. Mimik tidak sesuai
dengan isi puisi
skor
1.
Nilai : (skor x
bobot) x 10 = ……..
3
LKS 3 = Afektif: Perilaku Berkarakter
PETUNJUK:
Berikan penilaian
atas setiap perilaku berkarakter siswa menggunakan skala berikut:
A = sangat baik
B = memuaskan
C
= Menunjukkan kemajuan D =
memerlukan perbaikan
FORMAT PENGAMATAN
PERILAKU BERKARAKTER
No.
|
Rincian Tugas
Kinerja (RTK)
|
Memerlukan
perbaikan (D)
|
Menunjukkan
Kemajuan (C)
|
Menuaskan (B)
|
Sangat Baik (A)
|
1
|
Kerja sama
|
||||
2
|
Akomodatif
|
||||
3
|
Bertanggung jawab
|
||||
4
|
Apresiatif
|
||||
Hari, Tanggal:
|
LKS 4 = Afektif: Keterampilan Sosial
PETUNJUK:
Berikan penilaian
atas setiap keterampilan social siswa menggunakan skala berikut:
A = sangat baik
B = memuaskan
C
= Menunjukkan kemajuan D =
memerlukan perbaikan
FORMAT PENGAMATAN KETERAMPILAN SOSIAL
No.
|
Rincian Tugas Kinerja (RTK)
|
Memerlukan perbaikan (D)
|
Menunjukkan Kemajuan (C)
|
Menuaskan (B)
|
Sangat Baik (A)
|
|
1
|
Bertanya dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan
benar
|
|||||
2
|
Menyumbang ide
|
|||||
3
|
Menjadi pendengar
yang apresiatif
|
|||||
4
|
Membantu teman
yang mengalami kesulitan
|
|||||
Hari, Tanggal:
|
||||||
Guru/Pengamat,
(……………………………………..)
|
||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar