Rabu, 23 Mei 2012

Silabus


SILABUS
Nama Sekolah             : MA PPMI Assalaam
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas                           : X
Semester                      :  2
Standar Kompetensi   : Membaca
7. Memahami  wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan  cerpen
                                                                          
Kompetensi
 Dasar
Materi
 Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
7.1
     Membacakan puisi  dengan lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang tepat

Puisi
·   lafal
·   tekanan
·   intonasi
·   jeda
·   pemenggalan kata, frasa



·     Membacakan  puisi dengan memperhatikan lafal, tekanan, dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi
·     Membahas pembacaan puisi berdasarkan lafal, tekanan, dan intonasi
·     Memberi saran perbaikan pembacaan puisi yang kurang tepat
 
·     Membaca  puisi dengan memperhatikan lafal, tekanan, dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi
·     Membahas pembacaan puisi berdasarkan lafal, tekanan, dan intonasi
·     Memberi saran perbaikan pembacaan puisi yang kurang tepat 
Jenis Tagihan:
·     praktik
·     tugas individu
·     tugas kelompok


Bentuk Instrumen:
·     unjuk kerja
·      format pengamatan
4






buku kumpulan puisi/ internet/

media massa
7.2
Menganalisis keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari

Naskah cerpen :
unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat)


·     Membaca cerpen
·     Mengidentifikasi unsur-unsur (tema, penokohan, dan amanat)  cerita pendek yang telah dibaca
·     Mengaitkan unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat) dengan kehidupan sehari-hari


·     Mengidentifikasi unsur-unsur (tema, penokohan, dan amanat)  cerita pendek yang telah dibaca
·     Mengaitkan unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat) dengan kehidupan sehari-hari


Jenis Tagihan:
·     tugas Individu
·     tugas kelompok
·      ulangan

Bentuk Instrumen:
·     uraian bebas
·     pilihan ganda
·     jawaban singkat

4

buku kumpulan cerpen/

media massa/ internet






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)


Satuan Pendidikan    : SMA Negeri … Kendari
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas                           : X
Semester                     : 2
Alokasi Waktu           : 2 x 40 menit

A.    STANDAR KOMPETENSI :
Membaca :
11. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan cerpen

B.     KOMPETENSI DASAR :
11.1 Membacakan puisi dangan lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang tepat

C.    INDIKATOR :

1.      Kognitif
a.      Produk
·  Menjelaskan cara pelafalan, nada, tekanan dan intonasi pembacaan puisi

b.      Proses

·  Mengemukakan cara pelafalan, nada, tekanan dan intonasi pembacaan puisi

2.      Psikomotor
·         Memberikan tanggapan dengan alasan yang logis pembacaan puisi yang didengar/disaksikan
·         Membacakan puisi dengan pelafalan, nada, tekanan dan intonasi yang tepat.

3.      Afektif
a.      Karakter
·         kerja sama
·         akomodatif
·         tanggung jawab
·         apresiatif

b.      Keterampilan sosial
·         Bertanya dan memberi tanggapan dengan bahasa yang baik dan benar
·         Menyumbang ide
·         Menjadi pembaca dan pendengar yang apresiatif
·         Membantu teman yang mengalami kesulitan


D.          TUJUAN PEMBELAJARAN :

Kognitif
a.      Produk
1)      Secara mandiri siswa dapat menjelaskan cara pelafalan, nada, tekanan dan intonasi pembacaan puisi, dengan mengerjakan LKS 1 : produk
2.      Secara mandiri siswa dapat memberikan tanggapan dengan alasan yang logis pembacaan puisi yang didengar/disaksikan. LKS 1 : produk


b.      Proses
Siswa diberikan lembar kerja yang berisi contoh teks puisi yang terdapat dalam LKS 2: proses. Selanjutnya, siswa diharapkan dapat.
1)      Menentukan cara pelafalan, nada, tekanan dan intonasi pembacaan puisi berdasarkan teks puisi
2)      Melakukan pembahasan mengenai isi puisi yang telah didengar/disajikan.

Psikomotor
·         Memberi tanggapan dengan alasan yang logis pembacaan puisi yang didengar/disaksikan,
·         Membacakan puisi dengan pelafalan, nada, tekanan dan intonasi pembacaan puisi yang tepat yang disediakan dalam LKS 2: psikomotor.

Afektif
a.      Karakter
Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam berperilaku seperti kerja sama, akomodatif, bertanggung jawab, dan apresiatif.

b.      Keterampilan sosial
Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam keterampilan membacakan puisi, bertanya dengan bahasa yang baik dan benar, menyumbang ide, menjadi pembaca dan pendengar yang apresiatif, dan membantu teman yang mengalami kesulitan


E.           MATERI PEMBELAJARAN :
·         Contoh teks puisi
·         Cara pembacaan puisi
·         Menanggapi pembacaan puisi



F.           MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN

Model pembelajaran : Demonstrasi
Metode pembelajaran           : penugasan, diskusi, unjuk kerja


G.          Media/ Alat/ Bahan
Lembar Kerja Siswa, kertas HVS/buffalo, spidol
Komputer dan LCD

H.          LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

No
Kegiatan


A.

Kegiatan Awal (+15 menit)

1.      Memotivasi siswa
2.      Apersepsi dengan menggali pengalaman siswa tentang puisi dan pembacaan puisi yang pernah dibaca
3.      Menjelaskan kompetensi dan indikator yang akan dicapai
4.      Mengemukakan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan





B.

Kegiatan Inti ( + 55 menit)

Tahap 1
5.      Siswa duduk dalam kelompok-kelompok kecil/ mandiri yang terdiri atas per orang/beberapa orang anggota.
6.      Siswa membaca teks puisi yang disiapkan guru dalam LKS.
7.      Siswa menganalisi/berdiskusi dalam kelompok untuk membahas mengenai pelafalan, nada, tekanan dan intonasi pembacaan puisi.
8.      Siswa secara mandiri/berdiskusi dalam kelompok untuk menjelaskan amanat yang terdapat dalam puisi.
9.      Secara bergiliran siswa mempresentasikan hasil kerja mandiri/kelompok di depan kelompok lain untuk ditanggapi dan didiskusikan.

Tahap 2

10.  Siswa berdiskusi untuk menyimpulkan cara pembacaan puisi dengan menerapkan prinsip saling menyumbang ide. Siswa juga menunjukkan sikap sebagai pendengar yang apresiatif ketika temannya menyumbangkan ide.
11.  Siswa menyimpulkan cara memahami isi puisi berdasarkan pembacaan puisi yang didengar. seraya membantu teman sejawat yang mengalami kesulitan
12.  Siswa menunjukkan apresiasi terhadap hasil unjuk kerja teman kelompok lain.





C.

Kegiatan Akhir ( + 10 menit)          
13.  Siswa membuat rumusan simpulan terhadap butir-butir pembelajaran yang sudah mereka ikuti.
14.  Siswa menyampaikan kesan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar terhadap pembelajaran yang baru berlangsung sebagai kegiatan refleksi.
15.  Guru memberi penguatan terhadap simpulan yang diberikan oleh para siswa.
16.  Guru memberikan penghargaan terhadap hasil belajar siswa
17.  Guru memberikan tindak lanjut berupa tugas yaitu menganalisi isi puisi.



I.             SUMBER PEMBELAJARAN

1.      Buku Teks
2.      Model pembacaan puisi
3.      Buku referensi


J.      PENILAIAN

Indikator
Indikator Soal
Teknik
Bentuk
Instrumen
1.      Mampu membaca puisi dengan memperhatikan cara pelafalan, nada, tekanan dan intonasi pembacaan isi puisi
Disajikan teks puisi, siswa membaca puisi dengan memperhatikan cara pelafalan, nada, tekanan dan intonasi pembacaan isi puisi
Tes penugasan





Tes Tulis

Lembar  opservasi

Unjuk kerja
Unjuk kerja dan format pengamatan
2.      Membahasa  pembacaan puisi berdasarkan pelafalan, nada, tekanan dan intonasi
Disajikan pembacaan puisi, siswa membahasa  pembacaan puisi berdasarkan pelafalan, nada, tekanan dan intonasi
Unjuk kerja dan format pengamatan
3.      Member saran perbaikan pembacaan puisi yang kurang tepat
Disajikan teks puisi, siswa Member saran perbaikan pembacaan puisi yang kurang tepat
Unjuk kerja dan format pengamatan


BAHAN AJAR

Membaca Indah Puisi

Setelah mengikuti pembelajaran berikut ini, diharapkan siswa dapat membaca puisi dengan menggunakan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang sesuai dengan isi puisi.

1. Penampilan Baca Puisi

Penampilan baca puisi harus memperhatikan tiga hal, yaitu masalah kejiwaan , masalah verbal, dan masalah nonverbal. Ketiga hal tersebut hadir bersama-sama ketika pembacaan puisi berlangsung.

Masalah kejiwaan terlihat pada saat kesan pertama seorang pembaca puisi naik ke panggung atau menuju depan kelas. Apakah ia kelihatan tenang, meyakinkan, gugup, takut-takut, atau malu-malu? Seorang pembaca puisi harus siap mental. Agar siap mental, sebelum menuju depan kelas dia harus berkonsentrasi terlebih dahulu.
Masalah verbal meliputi irama, volume suara, dan artikulasi. Irama atau intonasi menyangkut persoalan tekanan dinamik (keras lembutnya suara), tekanan tempo (cepat lambatnya ucapan), tekanan nada (menyangkut tinggi rendahnya suara), serta modulasi yang meliputi perubahan bunyi suara (nada marah, kesakitan, kesedihan, dan lain-lain).
Ketepatan irama sangat bergantung pada ketepatan penafsiran atas puisi yang akan dibaca. Masalah volume suara juga sangat penting diperhatikan dalam baca puisi. Dalam baca puisi harus diperhatikan agar suara yang dihasilkan mampu mengatasi suara penonton dan disesuaikan dengan situasi ruangan.
Masalah nonverbal meliputi mimik dan pantomimik (kinesika). Mimik merupakan gerak wajah. Gerak wajah tentu harus sesuai dengan isi puisi, misalnya gerakan mata atau gerakan bibir. Pantomimik (kinesika) merupakan gerak anggota tubuh yang lain, misalnya gerakan tangan, anggukan kepala, dan lain-lain. Gerakan mimik dan pantomimik harus proporsional dan wajar.

2. Memahami Isi Puisi

Sebelum melakukan kegiatan baca puisi di depan kelas, puisi yang akan ditampilkan harus dipahami dan dijiwai isinya. Dengan penafsiran isi puisi Lingkungan yang baik dan benar, kamu akan mampu membawakan puisi tersebut dengan baik di depan kelas. Pemahaman isi puisi dapat dilakukan dengan memahami judul, memahami kata demi kata, baris demi baris, bait demi bait, dan pada akhirnya memahami secara keseluruhan isi puisi tersebut.





Pahamilah isi puisi berikut ini!


Pidato Seorang Demonstran

Mereka telah tembak teman kita
Ketika mendobrak sekretariat negara
Sekarang jelas bagi saudara
Bagaimana kebenaran hukum Indonesia
Ketika kesukaran tambah menjadi
Para menteri sibuk ke luar negeri
Tapi korupsi makin merajalela
Sebab percaya keadaan berubah
Rakyat diam saja.
Ketika produksi negara kosong
Para pemimpin asyik ngomong
Tapi harga-harga terus menanjak
Sebab percaya diatasi dengan mufakat
Rakyat masih diam saja
Di masa gestok rakyat dibunuh
Para menteri saling menuduh
Kaum penjilat mulai beraksi
Maka fitnah makin berjangkit
Toh rakyat masih terus diam saja.
Mereka diupah oleh orang tua kita
Tapi tak tahu cara terima kasih, bahkan memfitnah:
Kita dituduh mendongkel wibawa kepala negara
Apakah kita terus diam saja?
(Mansur Samin)

3. Baca Puisi di Depan Kelas

Setelah kalian pahami isinya, bacalah puisi "Pidato Seorang Demonstran" dengan menggunakan irama, volume suara, mimik, dan kinesika yang sesuai dengan isi puisi tersebut.



Nama:                                                        NIM:                                Tanggal:
LKS 1 = Kognitif: Produk
1.      Jelaskan pengertian lafal, tekanan, intonasi, dan jeda dalam pembacaan puisi!



Catatan: skor penilaian hasil kerja siswa menggunakan rentang skor sesuai dengan bobot soal.


Nama:                                                        NIM:                                Tanggal:
LKS 2 = Kognitif: Proses
2.      Setelah membaca puisi ,  Berikan penilaian terhadap penampilan temanmu dengan menggunakan format penilaian berikut ini.



Skor: …….
Format Penilaian Baca Puisi
Nama : ……………………………….
Nomor : ……………………………….

No.      Aspek/Indikator                                                          Bobot                          Jumlah
1          Irama/intonasi
a. Irama/intonasi sangat tepat dan sesuai          3                                …..
   dengan isi puisi skor 3.
b. Irama/intonasi cukup sesuai dengan
    isi puisi skor 2.
c. Irama/ intonasi tidak sesuai dengan isi
    puisi skor 1.

2          Volume suara                                                                          3                      …
a. Volume suara sangat baik, sesuai
    ruangan dan penonton skor 3.
b. Volume suara cukup baik dan cukup,
   sesuai ruangan dan penonton skor 2.
c. Volume suara kurang baik, tidak
   sesuai ruangan dan penonton skor 1.

3.         Mimik                                                                                                  3                      …
a. Mimik sangat sesuai dengan isi puisi
    skor 3.
b. Mimik cukup sesuai dengan isi puisi
   skor 2.
c. Mimik tidak sesuai dengan isi puisi
   skor 1.

Nilai : (skor x bobot) x 10 = ……..
3


LKS 3 = Afektif: Perilaku Berkarakter
PETUNJUK:
Berikan penilaian atas setiap perilaku berkarakter siswa menggunakan skala berikut:
A  = sangat baik                                                          B = memuaskan         
C = Menunjukkan kemajuan                                      D = memerlukan perbaikan

FORMAT PENGAMATAN PERILAKU BERKARAKTER
No.
Rincian Tugas Kinerja (RTK)
Memerlukan perbaikan (D)
Menunjukkan Kemajuan (C)
Menuaskan (B)
Sangat Baik (A)
1
Kerja sama




2
Akomodatif




3
Bertanggung jawab




4
Apresiatif











Hari, Tanggal:
LKS 4 = Afektif: Keterampilan Sosial
PETUNJUK:
Berikan penilaian atas setiap keterampilan social siswa menggunakan skala berikut:
A  = sangat baik                                                          B = memuaskan         
C = Menunjukkan kemajuan                                      D = memerlukan perbaikan
FORMAT PENGAMATAN KETERAMPILAN SOSIAL
No.
Rincian Tugas Kinerja (RTK)
Memerlukan perbaikan (D)
Menunjukkan Kemajuan (C)
Menuaskan (B)
Sangat Baik (A)
1
Bertanya dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar




2
Menyumbang ide




3
Menjadi pendengar yang apresiatif




4
Membantu teman yang mengalami kesulitan











Hari, Tanggal:

Guru/Pengamat,

(……………………………………..)








Tidak ada komentar:

Posting Komentar